Akmal Abbas Dilantik Jadi Kajati Riau

Berita608 Dilihat

KabarPekanbaru.com — Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin dijadwalkan melantik Akmal Abbas sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau, Selasa (31/10). Pelantikan dilakukan di Kejaksaan Agung RI, Jakarta.

Kepala Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, RI, Ketut Sumedana membenarkan pelantikan Akmal Abbas. “Betul,” ujar Ketut, Senin (30/11/2023).

Hal senada juga disampaikan Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejati Riau, Bambang Heripurwanto.

“Pelantikan Insya Allah, Selasa. Langsung dilantik Bapak Jaksa Agung,” kata Bambang.

Usai dilantik, lanjut Bambang, Akmal Abbas akan bertolak ke Pekanbaru untuk mengikuti pisah sambut dengan Kajati Riau sebelumnya, Supardi. Pisah sambut dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

“Hari Rabu, pisah sambut yang dilaksanakan di Balai Serindit bersama Pemrov dan Forkompinda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah,red) Riau. Besoknya, acara internal. Pelepasan Pak Supardi,” pungkas Bambang.

Akmal Abbas sebelumnya menjabat Direktur Pelanggaran Hak Asasi Manusia Berat pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung. Ia menggantikan Supardi yang ditugaskan sebagai Direktur Ekonomi dan Keuangan pada Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen Kejaksaan Agung.

Supardi telah menjabat sebagai Kajati Riau sejak 22 Agustus 2022. Ketika itu, mantan Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung tersebut menggantikan Jaja Subagja.

Pergeseran posisi itu dilakukan berdasarkan Keputusan Jaksa Agung RI Nomor 272 Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan Dalam Jabatan Struktural Pegawai Negeri Sipil Kejaksaan RI. SK ditandatangani Jaksa Agung RI, Burhanuddin tertanggal 9 Oktober 2023.

Akmal Abbas bukanlah orang baru di Provinsi Riau. Pria asal Kabupaten Kuantan Singingi ini separuh karirnya pada Kejaksaan dijalani di Riau mulai dari Jaksa, Kepala Seksi, Kepala Bagian Tata Usaha , Asisten Pidana Umum (Aspidum) dan Wakil Kajati (Wakajati).

Akmal Abbas menjabat sebagai Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Riau, Kamis, 10 Maret 2022. Ia ketika itu menggantikan Hutama Wisnu yang dipromosikan menjadi Kajati Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sebelum kembali bertugas di Riau Riau, Akmal Abbas juga pernah menjabat sebagai Wakajati Kalimantan Timur. Ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Kejari di Aceh dan juga bertugas di Papua.