Jelang Idul Adha, Distankan Siapkan Lakukan Pengecekan Hewan Kurban

Berita70 Dilihat

KabarPekanbaru.com — Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru akan mempersiapkan tim untuk melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban yang masuk ke Kota Pekanbaru.

Kepala Distankan Kota Pekanbaru, Muhammad Firdaus mengungkapkan, nantinya tim dari Distankan Pekanbaru bakal melakukan pemeriksaan administrasi hingga kesehatan hewan kurban yang datang dari daerah lain. Tim pemeriksa akan memastikan hewan kurban yang masuk ke Kota Pekanbaru layak untuk konsumsi.

“Tim sudah melakukan persiapan untuk melakukan pengecekan hewan kurban,” ungkapnya, Selasa, (07/05) dilansir dari laman Pemko Pekanbaru.

Ia mengatakan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan hewan kurban ke kandang dan tempat penjualan. Pemeriksaan guna memastikan hewan kurban layak untuk konsumsi dan tidak memiliki penyakit.

Dinas meminta agar setiap hewan kurban yang masuk Kota Pekanbaru wajib memiliki dokumen kesehatan. Hal ini untuk mencegah penularan penyakit terhadap hewan kurban jelang Idul Adha tahun ini.

“Ada tim bakal memeriksa administrasi atau dokumen pengangkutan hewan kurban. Baik izin keluar dari daerah asal maupun izin masuk ke Pekanbaru,” jelasnya.

Firdaus menjelaskan, pemeriksaan ini juga untuk memastikan bahwa hewan kurban itu sudah mendapat vaksinasi. Pasalnya, Tim Pemeriksa tidak cuma memeriksa secara administrasi hewan kurban tapi juga dari segi klinis.