Riau Terima Bantuan Helikopter Water Bombing dari BNPB

Berita167 Dilihat

KabarPekanbaru.com – Bantuan helikopter water bombing dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Riau sudah tiba di Pekanbaru, Senin (3/6/2024) sore.

Helikopter terbang dari Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah (Kalteng) menuju Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) baru ke Pekanbaru, Riau.

“Alhamdulillah helikopter water bombing bantuan BNPB sudah datang Senin sore kemarin,” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Provinsi Riau, M Edy Afrizal, Selasa (4/6/2024).

Edy Afrizal mengatakan, bantuan helikopter dari BNPB tersebut mendarat di Pangkalan Udara Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

“Bantuan helikopter water bombing yang akan datang ini jenisnya Kamov KA32T RA31009 dengan kapasitas bombing 5.000 liter,” terangnya.

Dengan adanya tambahan 1 helikopter water bombing dari BNPB, lanjut Edy, maka ada tiga helikopter yang di standby di Riau. Dengan rincian 1 helikopter patroli bantuan KLHK, dan 1 helikopter patroli serta 1 helikopter water bombing dari BNPB.

“Kita berharap dengan adanya tambahan helikopter dari BNPB ini bisa memaksimalkan penanggulangan maupun penanganan Karhutla di Riau,” tutupnya.