Terdapat 980 Pengungsi di Pekanbaru, Ini Negara Asalnya!

Berita245 Dilihat

KabarPekanbaru.com — Hingga saat ini, tercatat hampir seribuan pengungsi atau tepatnya 980 orang pengungsi dari negara asing bermukim di Pekanbaru.

Kabid Intelkam Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) Riau, Hubertus Hence, mengatakan, mereka saat ini ditempatkan di delapan lokasi yang berbeda di Pekanbaru.

‘’Dari jumlah itu, baru 847 pengungsi yang telah mengantongi izin semen6133 orang lainnya masih dalam proses,’’ ujarnya, Rabu, (06/03).

Untuk pengungsi yang sudah mengantongi izin ditempatkan di 8 lokasi yang ada di Pekanbaru yakni di Wisma Indah Sari, Hotel Satria, Wisma Siak Resort, Wisma Fanel, Rumah Tasqya, Wisma Orchid, Kost Nevada, dan Wisma D’Cope.

Jika berdasarkan negara, pengungsi Afganistan mendominasi yakni 651 orang, sementara Iran 7 orang, Irak 2 orang, Myanmar 150 orang, Pakistan 11 orang, Palestina 6 orang, Sudan 14 orang, dan Somalia 6 orang.

‘’Bagi pengungsi dan para pencari suaka yang belum mengantongi izin masih ditempatkan di Rudenim, jumlahnya saat ini 133 orang dan asal negaranya belum bisa kita publikasikan karena masih dalam proses pendataan,’’ ujarnya.

Dikatakannya, Kanwil Kemenkumham Riau selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait masalah pengungsi yang sudah mengantongi izin maupun yang belum.

“Koordinasi dilakukan agar pemerintah pusat dan pemerintah daerah tidak ada miss komunikasi terkait data para pengungsi,”  pungkasnya.