Didominasi DPR, 1.386 Surat Suara Rusak Ditemukan KPU Pekanbaru

Pemilu323 Dilihat

KabarPekanbaru.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru menemukan sebanyak 1.386 lembar surat suara rusak. Dimana, dari jumlah tersebut surat suara rusak didominasi oleh surat suara untuk DPR RI sebanyak 1.093 dan 293 lainnya DPRD Provinsi.

“Ada 1.093 lembar kertas suara suara DPR RI yang rusak. Tapi nanti akan kita sortir lagi karena proses pelipatan masih berlangsung,” ungkap Ketua KPU Kota Pekanbaru, Anton Merciyanto.

Kerusakan pada 1.386 surat suara tersebut seperti robek, bolong hingga adanya kesalahan cetak.

Lebih lanjut Anton mengatakan, jumlah surat suara rusak diperkirakan dapat bertambah karena hingga saat ini proses pelipatan masih berlangsung.

Menurutnya, saat ini KPU Kota Pekanbaru melibatkan 300 orang untuk melakukan pelipatan yang terbagi dalam 12 kelompok yang masing-masing terdiri dari 25 orang.

“Hari ke-9 ini, pelipatan dimulai pada Minggu, 7 Januari lalu. Sampai hari ini sudah dua jenis surat suara yang telah selesai dilipat yakni DPR RI dan DPRD Provinsi,” terangnya.

Ditargetkan pelipatan surat suara selesai kurang dari 20 hari. “Awalnya kita targetkan selesai selama 20 hari, tetapi kita melihat hari ini, tidak sampai 20 hari,” tandasnya.