Ijazah Kelulusan Belum Keluar, Ini Pengganti Bagi Siswa yang Butuh

Pendidikan82 Dilihat

KabarPekanbaru.com – Dalam waktu dekat siswa di Pekanbaru akan melajutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Namun penyerahan ijazah tanda kelulusan sekolah masih menunggu waktu.

Bagi siswa tamatan SD maupun SMP Negeri yang ingin melakukan pendaftaran ke sekolah selanjutnya bisa mengambil Surat Keterangan Lulus (SKL) sebagai pengganti sementara ijazah. Namun penerbitan SKL saat ini hanya diberikan kepada mereka yang memang membutuhkan.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan, pengumuman kelulusan SD dan SMP Negeri telah dilakukan pada Senin (10/6/2024) kemarin. Namun, untuk penerbitan ijazah belum bisa dikeluarkan.

“Setelah pegumuman kelulusan, nanti kita akan mengeluarkan ijazah. Kalau sekarang SKL dulu. SKL ini, sekarang bagi yang membutuhkan sudah bisa diambil ke sekolah,” ujar Jamal, Rabu (12/6/2024).

Menurutnya, ada beberapa daerah, terutama dari SMP ke SMA sudah ada yang buka pendaftaran. Tentunya, bagi mereka yang ingin mendaftar membutuhkan SKP tersebut.

“SKL itu kan tinggal diprint saja di sekolah. Jadi kalau memang ada yang butuh, kita sudah instruksikan ke sekolah untuk mendahulukan,” ungkapnya.

“Contoh, ada siswa di Pekanbaru yang ingin sekolah di luar daerah seperti Jawa Barat. Karena di sana sudah mulai PPDB, itu bisa cepat dikasih SKL,” sambungnya.

Sementara untuk ijazah, kata Jamal, memang belum bisa dikeluarkan. Karena ijazah tersebut dari pusat langsung. “Tapi kalau ijazah belum, karena memang dari pusatnya belum,” pungkasnya.**